Etiologi dan Patogenesis Obesitas

Etiologi dan Patogenesis Obesitas – Prevalensi kegemukan dan obesitas pada anak terus meningkat secara nyata di seluruh dunia. Bahkan di beberapa negara industri dan maju, seperti Amerika Serikat, kegemukan dan obesitas dapat dikategorikan sebagai wabah (epidemi). Peningkatan prevalensi kegemukan dan obesitas pada anak di Amerika serikat diketahui sejak tahun 1970-an.

Data dari 2 survei yang dilakukan Lembaga survei Gizi dan Kesehatan nasional (NHANES) pda periode 1976-1980 dan 2003-2006 menunjukkan bahwa prevalensi obesitas terus meningkat secara nyata pada beberapa kelompok usia anak, yakni pad usia kelompok 2-5 tahun prevalensinya meningkat dari 5 % menjadi 12,4 % pada kelompok usia 6-11 tahun prevalensinya meningkat dari 6,5 % menjadi 17 %  dan pada kelompok usia 12-19 tahun prevalensinya meningkat dari 5 % menjadi 17,6 %.

Klasifikasi obesitas berdasarkan gejala klinisnya, obesitas dibagi menjadi :

  1. Obesitas sederhana (simple obesity)

Terdapat gejala kegemukan saja tanpa disertai kelainan hormonal /mental/fisik lainnya. Obesitas ini terjadi karena faktor nutrisi.

  1. Bentuk khusus obesitas
  2. Kelainan endokrin/hormonal

Tersering adalah sindrom Cushing pada anak yang sensitif terhadap pengobatan dengan hormon steroid.

  1. Kelainan somatodismorfik

Sindrom Prader-Willi, sindrom Summit dan Carpenter, sindrom Laurence Moon-Biedl dan sindrom Cohen.

Obesitas pada kelainan ini hampir selalu disertai mental retardasi dan kelainan ortopedi.

  1. Kelainan hipotalamus

Kelainan pada hipotalamus yang mempengaruhi nafsu makan dan berakibat terjadinya obesitas, sebagai akibat dari kraniofaringioma, lekemia serebral, trauma kepala dll.

Etiologi dan Patogenesis Obesitas

Terjadinya obesitas menurut jumlah sel lemak, adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah sel lemak normla, tetapi terjadi hipertrofi/pembesaran
    2. Jumlah sel lemak meningkat/hiperplasi dan juga terjadi hipertrofi

Penambahan dan pembesaran jumlah sel lemak paling cepat pada masa anak-anak dan mencapai puncaknya pada masa meningkat dewasa. Setelah masa dewasa tidak akan terjadi penambahan jumlah sel, tetapi hanya tejadi pembesaran sel. Obesitas yang terjadi pada masa anak selain hiperplasi juga terjadi hipertrofi. Sedangkan obesitas yang terjadi setelah masa dewasa pada umumnya hanya terjadi hipertrofi sel lemak.

Disini kami akan menjelaskan mengenai etiologi dan patogenesis obesitas.

Etiologi Obesitas adalah :

  1. Akibat factor lingkungan
    Pengaruh factor lingkungan yang terjadi pada kasus obesitas pada anak sangat tinggi, baik tingkat aktivitas fisik yang sangat rendah dan juga pada asupan kalori dengan jumlah yang terlalu besar. Waktu yang kebanyakan dihabiskan hanya untuk menonton televise berkaitan dengan angka obesitas pada anak serta remaja, dan hal ini akan memberikan efek yang terus berlanjut disaat usia mereka dewasa. Waktu tidur yang berkurang akibat obesitas atau juga terjadinya masalah resistensi pada insulin. Suatu mekanisme dari hubungan ini diduga berhubungan dengan terjadinya perubahan kadar leptin dan ghrelin di dalam serum, atau juga tersedianya waktu yang menjadi lebih banyak dalam mengonsumsi jenis makanan anak yang tidur dengan waktu lebih sedikit.
  2. Factor genetic
    Faktor keturunan atau factor genetic juga berperan besar sekitar 30-50% yang bervariasi dengan akumulasi pada jaringan lemak. Namun polimorfisme genetic untuk kasus ini masih belum ditemukan. Pada beberapa sindrom yang lebih spesifik dan juga terjadinya suatu kelainan pada gen tunggal yang berhubungan dengan obesitas pada anak sudah ditemukan. Dan semua ini adalah salah satu penyebab yang juga sangat jarang dijumpai pada kasus obesitas pada anak. Biasanya hanya mencakup sektar kurang dari 1% obesitas pada anka yang bisa dijumpai pada pusat penelitian. Selain itu juga, anak dengan kasus sindrom genetic ini biasanya mempuyai suatu temuan secara berkarakter di dalam pemeriksaan fisik yang dilakukan.
  3. Faktor endokrin
    Penyebab dari obesitas pada anak akibat dari hormone endokrin ini terjadi hanya sekitar kurang dari 1% dan juga pada kasus remaha, dan beberapa diantaranya adalah untuk kasus hipotiroid, kelebihan kortikol, difisiensi pada hormone pertumbuhan, serta lesi hipotalamus atau infeksi yang terjadi, malformasi, vascular, neoplasma, dan juga mengalami trauma. Anak dengan kasus endokrin yang biasanya mempunyai postur dengan tubuh pendek dan juga mengalami masalah hypogonasodium.
  4. Metabolisme programming
    pengaruh lingkungan dan juga nutrisi yang terjadi selama masa kritikal dalam perkembangan yang bisa sangat mempengaruhi predisposisi seseorang yang bisa menjadi lebih obese atau juga mengalami penyakit gangguan metabolic. Penelitian ini juga menunjukkan adanya suatu hubungan yang berkaitan antara berat lahir sebagai refleksi dari nutrisi selama masa kehamilan dengan terjadinya penyak diabetes, penyakit jantung dan terjadinya obesitas pada usia dewasa.

Etiologi dan Patogenesis dari keterkaitan antara obesitas dengan pemicu obesitasnya adalah konsumsi makanan yang dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya obesitas. Konsumsi jenis makanan ini dengan lebih alami diregulasi pada system neurohormonal tubuh yang bisa mengatur dan mengendalikan tingkat kelaparan atau juga tingkat nafsu makan. Namun factor dari regulasi ini juga sangat berpengaruh oleh berbagai macam hal lainnya, diantaranya adalah p-pada factor fenetik, nutrisi, serta lingkungan dan juga pada sinyal osikis. Sehingga upaya dalam melakukan pencegahan obesitas bisa dilakukan dengan memantau komponen-komponen tersebut, sehingga seluruh dari system pengaturan akan berjalan dengan lebih baik dan bisa berjalan dengan lebih seimbang. Dan pada obesitas anak, serta obesitas yang secara umum terjadi masih bisa dicegah dan dihindari.

Etiologi dan Patogenesis Obesitas


=====================================

>>> Obat Herbal Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *