Gejala Obesitas

Orang awam seperti mengidentikkan kegemukan atau obesitas dengan overweight. Padahal keduanya tidak sama. Seseorang disebut overweight (kelebihan berat badan), bila berat badannya melebihi 10-30% dari berat normal.
Obesitas berpotensi mengundang beragam penyakit seperti sakit jantung, masalah kolesterol, hipertensi, stroke, diabetes, dan beragam penyakit ikutannya. Penyakit-penyakit tersebut sering diidentikkan dengan penyakit orang gemuk.
Meskipun tidak mutlak pada umumnya mereka yang memilih berat badan berlebihan berpotensi terserang berbagai penyakit mematikan. Masalahnya banyak orang yang tidak mau menhindari resiko penyakit tersebut, kecuali mereka yang sudah mengalaminya.
Betapa menderitanya orang yang bertubuh gemuk, berpenyakitan pula.

Didefinisikan sebagai suatu kelainan, ditandai dengan penimbunan lemak tubuh secara berlebihan. Jika lemak tidak dibakar dengan beraktivitas timbunan lemak akan makin menumpuk, hal inilah yang menyebabkan orang menjadi gemuk.
Namun tidak berarti bahwa orang memiliki badan kurus akan terbebas dari gangguan penyakit. Orang yang berbadan kurus (underweight) juga memiliki banyak persoalan dengan tingkat kesehatannya. Logikanya kalai yang kurus dan senang berolahraga bisa saja terkena kolesterol tinggi, nyeri sendi, sakit jantung, dan stroke, apalagi yang berbadan gemuk, tentu lebih rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Kegemukan merupakan cermin ketidakseimbangan antara tinggi dengan berat badan. Berat badan ideal adalah tinggi badan dikurang 105 dengan variasi +/- 10%. Misalnya tinggi badan 167 cm, maka berat badan ideal adalah 167-105 = 62 kg +/- 10%.
Atau dengan koridor, berkisar antara 56 kg-68 kg. Persepsi bahwa gemuk itu lambang kemakmuran, sekarang sudah berubah.
Bahkan bagi setiap orang, kegemukan itu musibah. Kegemukan dapat mempertinggi resiko terhadap berbagai gangguan kesehatan yang cukup serius seperti penyakit jantung, diabetes, kanker getah bening, ginjal, pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan persendian, batu empedu dan gagalnya fungsi hati.


=====================================

>>> Abecell Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>