Obesitas Pada Anak dan Permasalahannya

Obesitas Pada Anak dan Permasalahannya – Obesitas atau kegemukan terjadi karena penimbunan lemak didalam tubuh, sehingga meningkatkan resiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Banyak penyebabnya, diantaranya faktor genetik dan faktor lingkungan namun perubahan pola makan yang bergeser ke arah makanan tinggi kalori dan perubahan pola makan hidup modern yang kurang gerak atau aktivitas fisik, dituding sebagai penyebab utama terjadinya obesitas yang kini kian meningkat.

Obesitas Pada Anak dan Permasalahannya

Obesitas Pada Anak dan Permasalahannya

Obesitas Pada Anak

Dahulu obesitas merupakan lambang kemakmuran tetapi kini dianggap sebagai “penyakit modern” yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dikemudian hari. Resiko terjaidnya gangguan kesehatan semakin meningkat bila obesitas terkponsentrasi di seputar perut atau yang dikenal sebagai obesitas sentral dan obesitas viseral.

Cara mudah mendeteksi Obesitas Pada Anak dan Permasalahannya, cara sederhana untuk menentukan terjadinya obesitas sentral adalah dengan mengukur lingkar perut. Pengukuran dilakukan pada bagian pinggang, diantara tulang panggul bagian atas dan tulang rusuk bagian bawah. Seseorang dikatakan obesitas sentral bila lingkar perutnya >90 cm (untuk pria) atau >80 cm (untuk perempuan)

Ketika ukuran lingkar perut anda memasuki batasan obesitas sentral, biasanya tidak menimbulkan keluhan atau gejala penyakit, tetapi bisa saja sebenarnya sudah mulai terjaid bermacam-macam gangguan metabolisme dalam tubuh anda (atau disebut Sindrom Metabolik), yang di kemudian hari dapat menimbulkan madsalah kesehaan uang lebih besar seperti diabetes mellitus tipe 2, penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi atau tekanan darah tinggi, stroke, perlemakan hati (fatty liver) dan gagal jantung. Munculnya bahaya laten akibat obesitas sentral tersebut dapat di cegah dengan cara deteksi Sindrom Metabolik secara dini dan segera menanganinya.

 Resiko Obesitas Pada Anak

Obesitas pada anak dan permasalahannya yang dikawatirkan adalah resiko dari terjadinya obesitas tersebut. Sejumlah penyakit degeneratif yang berhubungan erat dengan faktor obesitas pada anak dan permasalahannya adalah seperti :

  1. Penyakit diabetes melitus
  2. Penyakit kanker
  3. Penyakit jantung

Masalah dari penyakit obesitas adalah salah satu permasalahan yang kebanyakan terjadi di negara-negara maju, namun saat ini masalah obesitas juga semakin mengalami peningkatan yang drastis di negara-negara dengan penghasilan yang rendah serta menengah, atau di negara berkembang dan paling khusus terjadi pada perkotaan.

Tidak hanya orang yang sudah berusia dewasa saja yang bisa mengalami obesitas dan permasalahannya, anak-anak dengan kasus obesitas juga saat ini semakin banyak jumlah penderitanya. Hal ini merupakan salah satu tantangan dalam masyarakat untuk bisa menanggapi masalah kesehatan yang terjadi dan juga harus dianggap lebih serius. Anak-anak dengan kasus berat badan biasanya dikemudian hari akan mempunyai berat badan yang berpostur gemuk di usia dewasa. Dan dari fakta ini maka kemungkinan mereka untuk mengalami penyakit diabetes serta penyakit jantung di usia yang lebih muda dibandingkan oleh anak-anak yang dulunya tidak mengalami obesitas. Hal ini juga sejalan dengan hal tadi yang tentu pada gilirannya juga akan semakin berhubungan angka dari kematian yang terjadi secara prematur dan kecacatan yang terjadi lebih tinggi.

Cara Mengatasi Obesitas

Untuk seseorang penderita kasus obesitas pada anak dan permasalahannya yang terjadi umumnya dari suatu hasil tidakseimbangnya kalori yang masuk dan kelori yang keluar dari dalam tubuh. Selain itu, peningkatan yang terjadi pada konsumsi makanan dengan kadar kalori yang tinggi namun tidak disertai dengan aktivitas yang baik maka akan membuat peningkatan berat badan yang sangat tidak sehat. Tingkatan dari aktivitas fisik yang mengalami penurunan pastinya juga akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan di dalam energi tubuh dan pada akhirnya berat badan juga mengalami suatu peningkatan.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk mencegah masalah obesitas pada anak. Dan dengan menjaga berat badan yang sehat hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Jika Anda mengalami masalah penurunan berat badan, kelebihan berat badan atau juga mengalami suatu obesitas dan permasalahannya. Kemungkinan hal ini akan mempunyai suatu resiko yang lebih tinggi juga dibandingkan dengan masalah gangguan kesehatan tertentu.

Dalam mencapai berat badan yang sehat, maka Anda harus mengontrol kolesterol Anda, mengatur tekanan darah tinggi dan juga mengatur gula darah Anda. Hal ini juga biasanya bisa membantu Anda dalam melakukan pencegahan penyakit yang masih ada hubungannya dengan penyakit obesitas. Dalam menjaga dan menstabilkan berat badan Anda, maka kalori yang harus Anda makan haruslah sama dengan energi yang dibakar. Untuk membantu cara menurunkan berat badan, maka Anda juga membtuuhkan lebih banyak asupan kalori dibandingkan dengan apa yang Anda makan.

Dan suatu strategi dari pengendalian berat badan kemungkinan termasuk di antaranya adalah :

  1. Pilihlah jenis makanan dengan kandungan rendah lemak, rendah kalori
  2. Makanlah dengan porsi yang kecil
  3. Minumlah air putih, bukan hanya minum manis saja.
  4. Menjadi aktif dengan melakukan aktivitas atau kegiatan fisik.

Faktor-faktor yang seperti terjadinya pembangunan suatu sosial ekonomi yang disertai dengan suatu kebijakan pemerintah dalam bidang pertanian, transportasi, perencanaan tata kota, lingkungan, bidang pendidikan, serta pengolahan makanan, distribusi, dan suatu pemasaran dari kebiasaan cara diet cepat dan juga preferensi anak serta melakukan pola aktivitas fisik mereka yang akan membantu untuk melakukan promosi berat badan yang terjadi dengan tidak sehat dan lebih mengarah pada pravalensi suatu obesitas dan permasalahannya yang kemudian mengalami peningkatan dengan angka yang tinggi.

Obesitas Pada Anak dan Permasalahannya


=====================================

>>> Obat Herbal Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *