Obesitas Pada Anak di Indonesia

Kegemukan dan obesitas merupakan masalah gizi yang berlebih yang kian marak dijumpai pada anak di seluruh dunia. Kegemukan dan obesitas pada anak merupakan konsekuensi dari asupan kalori (energi) yang melebihi jumlah kalori yang dilepaskan atau dibatasi melalui proses metabolisme di dalam tubuh.

Kegemukan dan obesitas pada anak dapat dimulai dari berbagai metode atau teknik pemeriksaan. Salah satunya adalah pengukuran indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI). Pengukuran BMI dilakukan dengan cara membagi nilai berat badan (kg) dengan nilai kuadrat dari tinggi badan (m). Nilai ini kemudian diplot pada kurva pertumbuhan anak yang disesuaikan dengan jenis kelamin dan usia anak.

BMI merupakan metode yang mudah dan paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk menilai timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh secara tidak langsung.

Di Indonesia, untuk anak hingga usia 5 tahun, pemantauan berat badan dapat dilakukan melalui Kartu Menuju Sehat (KMS). KMSdapat diperoleh di posyandu di setiap rukun warga (RW). KMS merupakan alat bantu pemantauan perkembangan kesehatan anak secara umum.

Selain kedua metode tersebut, kegemukan dan obesitas pada anak dapat dinilai dengan beberapa metode lain, antara lain, pengukuran lingkar pinggul dan ketebalan lemak kulit. Pemeriksaan ini tergolong sederhana dan mudah dilakukan. Hasil pengukuran lingkar pinggul dan ketebalan lemak kulit kemudian dibandingkan dengan nilai standar pada tabel sesuai dengan umur dan jenis kelaminnya.

Data dari dua survei yang dilakukan Lembaga Survei Gizi dan Kesehatan Nasional (NHANES) pada periode 1976-1980 dan 2003-2006 menunujukkan bahwa prevalensi obesitas terus meningkat secara nyata pada beberapa kelompok usia anak yakni pada kelompok usia 2-5 tahun prevalensinya meningkat dari 5% menjadi 12,4% pada kelompok usia 6-11 tahun prevalensinya meningkat dari 6,5 % menjadi 17% dan pada kelompok usia 12-19 tahun prevalensinya meningkat dari 5% menjadi 17,6%.


=====================================

>>> Abecell Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>