Obesitas Pada Anak Usia Dini

Obesitas Pada Anak Usia Dini – Tidak semua orang mempunyai berat badan lebih disebut sebagai obesitas. Karena pada atlit yang karena latihan-latihan ang teratur menyebabkan mas aotot yang tumbuh dengan baik, akan mempunyai berat badan rata-rata yang lebih dari anak sebayanya,  tidak dapat disebut sebagai obesitas.  Demikian pula dengan anak yang kerangka tulangnya besar dan otot-ototnya lebih dari biasanya, sehingga berat badan dan tingginya diatas rata-rata anak sebayanya, juga bukan disebut sebagai obesitas pada anak usia dini.  Untuk diagnosisi obesitas harus ditemukan gejala klinis obesitas dan disokong dengan pemeriksaan antropometri yang jauh diatas normal. Pemeriksaan antropometri yang sering digunakan adalah berat badan terhadap tinggi badan, berat badan terhadap umur dan tebalnya lipatan kulit.

Obesitas Pada Anak Usia Dini

Obesitas Pada Anak Usia Dini

Obesitas Pada Anak

Pengobatan obesitas pada anak usia dini yang kegemukan harusnya melibatkan seluruh anggota keluarga. Terutama kea rah pengaturan makanan. Pada beberapa anak, langkat pengaturan makanan lebih berhasil daripada pengaturan latihan fisik.  Beberapa nasihat bagi orangtua yang anaknya obesitas :

  • Berikan perhatian Anda pada anak yang obesitas. Bila tidak ada yang memperhatikan, anak lebih beresiko obesitas pada umur yang lebih tua.
  • Ajari anak agar tidak makan menuruti selera, tetapi hanya sesuai dengan keperluan.
  • Jangan terlalu ketat mengawasi  anak agar makan hanya sedikit, hal ini akan mengganggu jadwal makan  anak dan menggangu respons anak terhadap rasa lapar dan rasa kenyang. Perlu diingat, respons lapar dan rasa kenyang adalah cara yang diperlukan untuk mengendalikan kebiasaan makan sehari-hari anak.
  • Biasanya agar anak bisa mengontrol dan mengendalikan berat badannya. Dan perlu diingat bila orangtua tidak ada yang obesitas, maka kecil resiko anak menderita obesitas, resiko anak akan obesitas meningkat 2 kali lipat.
  • Jangan terlalu menekankan perhatian pada berat badan anak, tetapi perhatian diarahkan pada kesehatan, kebiasaan makan,  aktifitas fisik.
  • Batasi waktu untuk menonton televise.  Karena waktu untuk menonton televisi . Karena waktu untuk menonton televise ternyata berbanding dengan peningkatan berat badan anak.
  • Bila sudah ada mulai tanda-tanda obesitas atau anak mempunyai faktor resiko obesitas, segera minta petunjuk adokter anak, agar segera bisa diambil langkah pengolahan/.

Beberapa nasihat untuk masalah obesitas pada anak usia dini dan di usia sekolah :

  • Makan sambil menonton di depan televise berpotensi meningkatkan resiko obesitas. Seperti  halnya  makan sambil main video game dan main computer.
  • Atur makanan yang boleh sebagai makanan kecil (sncak).
  • Jangan makan di kamar tidur (menghindari agar tidak makan sambil bermalas-malasan)
  • Anak harus mengatur sendiri makanan kecil yang boleh dimakan dan harus mengetahui makanan yang sehat baginya, apalagi anak yang mempunyai resiko obesitas.

Saat ini masih banyak anggapan di masyarakat bahwa anak gemuk adalah anak yang sehat. Seringkali ibu-ibu merasa bangga kalau anaknya sangat gemuk, mereka merasa kecewa jika melihat anaknya kurus tidak segemuk anak tetangga. Kalau  saja orangtua mau memantau berat badan dan tinggi badan anaknya secara teratur dan ternyata sudah ideal antara berat badan dan tinggi bada, anak tersebut berada dalam batas yang normal dan sehat. Memang banyak oragtua bangga dan senang jika buah hatinya gemukm tapi jangan dulu bangga. Sebab kegemukan pada anak bisa memicu penyakit terutama penyakit jantung, penyakit diabetes, fungsi paru, peningkatan kadar kolesterol tinggi, gangguan ortopdeik (kaki pengkar) sampai rentan terhadap kelainan kulit.

Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak Usia Dini

Obesitas pada anak usia dini membutuhkan evaluasi dari medis dengan lebih menyeluruh oleh dokter anak dan juga dari keluarga untuk membantu mempertimbangkan kemungkinan dari terjadinya penyebab fisik yang muncul. Dengan ada atau tidaknya suatu gangguan fisik, satu-satunya cara yang bisa membantu untuk cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang dimakan dan juga untuk meningkatkan terjadinya aktivitas fisik misalnya adalah dengan melakukan olahraga dan melakukan kegiatan fisik yang lain-lainnya. Tentu saja hal ini hanya bisa terjadi jika ada suatu bentuk motivasi diri dari anak atau juga dari orangtua. Karena masalah obesitas pada anak usia dini sering berpengaruh pada lebih dari satu anggota keluarga, dan bisa membuat makanan yang sehat serta melakukan olahraga secara teratur dengan melakukan aktivitas keluarga yang bisa meningkatkan terjadinya kemungkinan keberhasilan untuk bisa mengendalikan berat badan pada anak dan remaja.

Obat Obesitas

Obat obesitas dan cara mengatasi obesitas pada anak serta remaja adalah:

  1. Membuat program untuk mampu mengendalikan berat badan.
  2. Melakukan cara diet cepat dengan merubah kebiasaan makan misalnya dengan makan secara perlahan dan lama kelamaan hal ini juga akan terbawa oleh mereka sampai dewasa.
  3. Kontrol pola makan anak dengan menyeleksi makanan yang hendak dikonsumsi anak.
  4. Mengontrol porsi dan juga mengonsumsi makanan  yang mengandung kalori dengan jumlah yang sedikit.
  5. Meningkatkan aktivitas fisik yang paling utama adalah saat berjalan dan mengubah pola hidup menjadi lebih aktif lagi.
  6. Makan bersama keluarga bisa membantu orangtua mengawasi makanan anak Anda.
  7. Tidak memberikan makanan sebagai salah satu bentuk hadiah.
  8. Membatasi asupan makanan seperti cemilan.

Jika masalah obesitas pada anak usia dini tidak diatasi dengan baik dan cepat maka hal ini kemungkinan akan menyebabkan resiko penyakit jantung dan penyakit diabetes di usia dewasa menjadi semakin tinggi.

Obesitas Pada Anak Usia Dini


=====================================

>>> Obat Herbal Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *