Obesitas Pada Anak

Kegemukan atau obesitas pada anak telah menyita banyak perhatian di dunia kedokteran, karena jumlahnya yang meningkat drastis dibanding sepuluh tahun yang lalu. Masalahnya adalah, kegemukan ini tidak hanya dapat terbawa hingga dewasa, namun juga meningkatkan resiko-resiko kesehatan yang tidak dialami anak lain dengan berat badan yang normal. Namun perlu diingat, ytidak semua anak dengan berat badan lebih dibanding anak seusianya tergolong mengalami kegemukan. Untuk menentukan kegemukan atau obesitas pada anak, diperlukan pemeriksaan kadar lemak tubuh dan perbadingan berat badan anak dengan usia dan tinggnya berdasarkan tabel pertumbuhan yang standar.

Umumnya, orang tua tidak mengkhawatirkan kondisi berat badan yang berlebih pada anak, sampai diingatkan oleh petugas kesehatan atau orang disekitarnya seperti guru, misalnya. Penegakkan diagnosis obesitas pada anak juga lebih rumit dibanding dewasa, karena tidak ada standar berat badan ideal bagi anak-anak.

Ahli mengatakan, anak dikatakan mengalami obesitas jika beratnya sedikitnya kelebihan 10% dari berat yang dianjurkan berdasarkan tinggi dan bentuk badan. Anak obesitas, umumnya mudah dikenalai, karena memiliki ciri-ciri yang khas, antara lain :

  • Wajah bulat dengan pipi tembam dan dagu rangkap
  • Leher relatif pendek
  • Dada membusung dengan payudara membesar (biasanya pada anak laki-laki)
  • Perut membuncit
  • Penis mengecil akibat lemak di perut yang menutupi sebagian penis, sehingga penis seperti tidak terlihat. Istilah ini dikenal juga dengan buried penis.
  • Pubertas dini. Pada anak usia 9 tahun sudah mengalami menstruasi.
  • Genu valgum (tungkai berbentuk X) dengan kedua pangkal paha bagian dalam saling menempel dan bergesekan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit akibat gesekan terus menerus.

Umumnya anak-anak mulai mengalami obesitas pada usia 5 atau 6 tahun, atau selama masa remaja. Studi menunjukkan bahwa anak yang mengalami obesitas pada usia antara 10-13 tahun, berpotensi menjadi obesitas di masa dewasa nantinya.

 


=====================================

>>> Abecell Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>