Penanganan Obesitas Pada Anak

Penanganan Obesitas Pada Anak – Obesitas sentral dapat mengakibatkan sindrom metabolik yaitu kumpulan ┬áberbagai gangguan metabolisme yang dapat meningkatkan resiko kesehatan dikemudian hari (disebutkan juga faktor resiko metabolik), antara lain :

  • Konsentrasi gula darah meningkat
  • gangguan metabolisem lemak
  • Peradangan pembuluh darah kronis
  • Kerusakan pembuluh darah
  • Tekanan darah meningkat
  • Asam urat meningkat

Obesitas Pada Anak

Sindrom metabolik pada umumnya tidak bergejala dan tidak menimbulkan masalah kesehatan secara langsung sehingga dibutuhkan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi gangguan metabolik tersebut. Penurunan berat badan sebesar 5-10% dari berat badan semula dalam tahun pertama dapat memperbaiki metabolisme penyandang obesitas dan menurunkan resiko munculnya gangguan kesehatan.

Penanganan Obesitas Pada Anak

Penanganan Obesitas Pada Anak

Perubahan pola aktivitas dengan cara meningkatkan penggunaan energi sesuai kemampuan personal. Pembuatan program penurunan berat badan sebaiknya dilakukan bersama ahli gizi (nutrisionis) dan dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jangan sepelekan obesitas. Perhatikan dan deteksi tanda bahaya akibat obesitas dengan melakukan pemeriksaan Panel Sindrome Metabolik dengan cara yang tepat agar tidak muncul masalah kesehatan yang lebih besdar dikemudian hari.

Pencegahan dan Penanganan Obesitas Pada Anak

Pencegahan dan penanganan obesitas pada anak harus dilakukan dengan sedini mungkin dan dilakukan dimulai dari usia muda. Hal ini disebabkan karena kegemukan atau kasus obesitas pada anak akan beresiko pada masa depan akan yang bisa menjadi obesitas di usia dewasa dengan potensi serangan penyakit berbahaya seperti serangan enyakit metabolik dan penyakit degeneratif lainnya yang ditemukan dikemudian hari. Profil dari lipid darah pada obesitas anak akan lebih mirip pada profil lipid papda penyakit kardiovaskular dan juga anak dengan kasus obesitas akan mempunyai resiko untuk terkena penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi yang lebih tinggi lagi. Jadi dengan demikian, obesitas yang terjadi pada anak jga membutuhkan suatu perhatian yang dilakukan dengan lebih serius serta penanganan obesitas pada anak yang tepat biasanya melibatkan peran serta dari orang tua dan orang terdekat, lingkungan yang ada disekitarnya misalnya sekolah atau guru.

Obesitas merupakan salah satu masalah yang ditandai dengan asupan energi yang lebih besar dibandingkan dengan energi yang diekluarkan. Asupan dari energi yang tinggi biasanya disebabkan karena mengonsumsi jenisn makanan yang sumbernya energi dan juga makanan yang mengandung lemak tinggi, sedangkan terjadinya pengeluaran energi yang rendah dan kecil diakibatkan karena kurangnya melakukan aktivitas fisik dan juga sedentary.

Kasus obesitas pada anak akan beresiko lanjut disaat usia mereka menginjal semakin dewasa dan adalah salah satu faktor resiko darir terjadinya berbagai serangan penyakit metabolik serta penyakit degeneratif misalnya seperti penyakit kardiovaskular penyakit jantung, penyakit diabetes, penyakit kanker, dan oestoarthritis serta yang lainnya. Untuk anak-anak kekmungkingan terjadinya masalah kesehatan yang sangat merugikan kualitas hidup serta harapan hidup anak misalnya seperti terjadinya masalah pada gangguan tumbuh kekmbang anak, pertumbuhan dari tungkai kaki, gangguan tidur, sleep apnea yang terjadi seperti nafas berhenti dan gangguan pernapasan yaang lainnya.

Dalam melakukan teknik pencegahan serta penanganan obesitas pada anak maka sangat dibutuhkan memperhatikan mengenai jumlah kalori yang dibutuhkan, jenis dari makanan dengan cara memperhatikan jenis makanan yang berkomposisi karbohidrat, protein, dan juga lemak yang seimbang. Serta mengatur jadwal waktu makan anak dengan baik. WHO merekomendasikan untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung sayuran, buah-buahan serta biji-bijian dan mengatasi asupan dari makanan yang mengandung kalori yang berasal dari lemak jenih serta mengganti jenis makanan dengan makanan lemak tidak jenuh dan membatasi asupan makanan yang mengandung gula.

Makanan Untuk Obesitas Pada Anak

Buah dan sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Dan sebagai salah sayu usaha untuk melakukan pencegahan obesitas maka makanlah buah-buahan dan sayuran hijau. Buah serta sayuran mengandung kandungan serat yang bisa larut dan bisa membantu proses penyerapan gula yang terjadi lebih lambat serta memelihara dan menjaga peningkatan dari kadar gula agar tidak terjadi dengan berlebihan dan juga tidak menurun secara drastis. Hal yang sangat penting sekali dilakukan untuk menjaga keadar gula agar tetap dalam keadaan normal, dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah serta sayuran dalam menu sehari-hari Anda. Namun tidak boleh sembarangan buah karena buah yang manis rasanya juga mempunyai kadar gula yang sangat tinggi. Buah kiwi mempunyai kandungan glycaemix index yang sangat rendah sehiingga aman untuk dikonsumsi untuk penderita penyakit diabetes.

Kurangnya asupan makanan dalam bentuk sayuran dan buah akan menyebabkan terjadinya resiko kematian akibat penyakit kanker saluran pencernaan sebesar 15%, resiko dari kematian akibat dari penyakit jantung koroner yang besarnya sekitar 11%, dan kematian yang terjadi akibat penyakit stroke sebesar 9%. Oleh sebab itulah, sangat penting sekali untuk membiasakan anak dalam mengonsumsi paling minimal 2 porsi buah dan juga 3 orsi sayuran dalam sehari. Hal ini harus dilakukan dengan teratur dan dilakukan sejak dini. Misalnya dengan mengonsumsi 2 buah kiwi dan 3 porsi sayuran dalam setiap harinya. Dikonsumsi secara teratur, hal ini akan memberikan suat manfaat yang positif bagi tubuh misalnya adalah dalam mencegah berbagai serangan penyakir degeneratif, misalnya adalah seperti penyakit kencing manis, penyakit kanker, obesitas pada anak, dan terjadinya penuaan dini, melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

Penanganan Obesitas Pada Anak


=====================================

>>> Obat Herbal Untuk Pengobatan Obesitas Pada Anak, Remaja dan Dewasa, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obesitas Pada Anak and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *